propeler

MAKALAH SITUS WEB ( WEBSITE )



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs[1] adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.[2] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.







BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Website

Pada bagian ini akan membahas tentang sejarah perkembangan website. Website merupakan suatu kumpulan halaman situs yang merupakan bagian nama domain di World Wide Web(WWW).

Pada jaman sekarang ini perkembangan internet sangatlah pesat. Berkembang dengan pesatnya internet web pun tidak kalah berkembangnya dengan internet. Internet mulai berkembang pada tahun 1970, pada saat itu internet digunakan untuk bertukar informasi atau berkomunikasi antara dua computer atau lebih. Bahkan pada saat itu internet hanya digunakan untuk keperluan militer, dengan semakin pesatnya perkembangan internet, dan kemajuan jaman dimana informasi sangat dibutuhkan, oleh karena itu penerapan jaringn internet merambah ke dunia pendidikan, dengan kemajuan jaman disertai dengan teknologi lahirlah inovasi dalam dunia internet, yaitu salah satunya adalah teknologi web.

Pada awal muncul web sangatlah sederhana, hanya menampilkan hyperlink (link) dan masih menggunakan tampilan nomor yang mirip dengan suatu menu yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam web, hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi karena sejarah web sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi computer. Pada saat itu teknologi web kebanyakan dikembangkan dan berjalan pada system operasi unix dan jarang menggunakan teknologi windows, Walaupun ada beberapa tetapi tampilannya sangat sederhana. Berlokasi di kota Geneva, Swiss mengajukan protocol system distribusi internet yang digunakan untuk berbagi informasi di antara para fisikawan.

Web broser digunakan sebagai  berselancar atau istilah jaman sekarang browsing. Pada saat itu pertama kali browser yang sangat popular adalah Internet Explorer yang digunakan untuk mengakses web melalui computer. Seiring dengan perkembangan teknologi muncul berbagai web browser diantaranya modzila firefox, google chrome, opera, safari, dan sebagainya. Dengan kemunculan web browser perkembangan web pun berkembang. Lahir definisi web pada akhir tahun 90-an, yaitu dengan nama web 2.0. web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informative, dengan tujuan membuat pengguna semakin mudah dan dekat, salah satunya dengan hadirnya social networking.


Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA(National Center for Supercomputing Application) pada saat itu membuat sebuah web browser untuk system X-Windows yang berbasis grafik dan yang mudah untuk digunakan. Pada saat itu Mosaic telah  menarik perhatian pemakai internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk kompuetr berbasis UNIX, Next, Windows dan Macintosh.

March Andreeson meninggalkan NCSA pada tahun 1994, dan juga bersama  Jim clark yaitu salah satu pendiri dari Silicon Grapihics. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun 1994 , CERN dan MIT mendirkan suatu konsorsium untuk membangun standart bagi teknologi web yang di beri nama World Wide Web Consortium (W3C) dan dikenal protocol World Web. W3C merupakan konsorsium dari sejumlah orgaanisai yang berkepintingan dalam pengembangan web.

Tahun 1993, pada saat itu terdapat 130 server web internet. Pada bulan juni 1995 bertambah menjadi 23.500 server web. Ketika browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website, dan pada kahir tahun 1995 berkembang menjadi 300.000 web site. Diperkirakan pada saat ini jumlah pemakai web telah mencapai 30-an juta di seluruh dunia. Mengakses internet tidak hanya melalui computer saja tetapi sudah menjangkau hingga berbasis mobile, seperti laptop, netbook, smartphone bahkan hingga handphone, jadi perkembangan web berbanding lurus dengan perkembangan teknologi.


2.2 Sejarah Website

Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN). Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/

Situs WWW dinyatakan sebagai situs yang bisa digunakan oleh setiap orang alias gratis pada 30 April 1993. Sebuah website ditulis dengan menggunakan format HTML(Hyper Text Markup Language). HTML merupakan suatu kode tag yang menginstruksikan suatu browser untuk menghasilkan sesuai dengan keinginan pembuatnya.

Pada bulan September 1994, ‘Tim” mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) yang merupakan organisasi internasional utama yang mengurus tentang standar dari website yang ada sekarang.

Perkembangan website berdasarkan teknologi dan cara penggunaannya menurut pada praktisi informatika adalah sebagai berikut:

1. Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.

2. Web 2.0
Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut (menurut O’Reilly media):
The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop).
Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube).

Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu).

End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program)
Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program).

3. Web 3.0
Web ini diperkirakan akan berkembang pada tahun 2010-2020 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :
Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat)
The 3D Web (web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime)
The Media-Centric Web (Photo, audio, dan video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword)
The Pervasive Web (Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan dimana saja)

Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. 


Pada tahun 2012 ini, banyak sekali perkembangan-perkembangan web yang terjadi. Perkembangan-perkembangan web ini diantaranya adalah HTML5, CSS3, dan lain-lain.

1. HTML5

HTML5 mulai ada pada tahun 2009 , umumnya HTML5 berbentuk HTML, XHTML dan DOM HTML, awalnya HTML5 belum mendapatkan perhatian secara luas, sampai pada tahun 2011 HTML5 baru mendapatkan perhatian scara luas dari berbagai kalangan. W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group) merupakan pengembang utama HTML5.

Tujuan pembuatan HTML5 :
1. Fitur yang ada didasarkan pada HTML, CSS, DOM , dan JavaScript.
2. Plugin eksternal dapat dikurangi.
3. Kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat ditangani dengan lebih baik.
4. HTML5 merupakan perangkat mandiri.

Fiture pada HTML5 :
• Tersedia beberapa unsure, diantaranya unsure kanvas yang dapat digunakan untuk
menggambar.
• Media pemutarannyapun sudah menggunakan Video dan Elemen Audio.
• Penyimpanan secara offline mendapatkan dukungan lebih baik.
• Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header,
navigation, section.
• Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, e-mail, URL, search.

2. CSS3

CSS3 merupakan versi perubahan dari CSS yang sebelumnya sudah ada, pada CSS3 kita dibuat lebih nyaman karena kita dapat bereksplorasi lebih jauh untuk membuat tampilan situs yang jauh lebih menarik dan meninggalkan situs dengan loading yang cukup lama.

Kelebihan pada CSS3 :
• CSS3 lebih detail dalam mendeklarasikan objek yang akan diberikan style.
• CSS3 mempunyai banyak fitur animasi dan efek yang dapat digunakan untuk
text atau objek
• CSS3 memudahkan pengguna untuk berinteraksi dan akan menjadikan situs-
situs lebih berkembang dari sebelumnya.
• Dapat meringankan dan mengurangi ukuran file yang akan di load.

Pada CSS3 terdapat beberapa fasilitas yang dapat dipergunakan ubtuk shadow dari div layout, memiliki fitur transparansi, gradient warna pada border dan background, warba pada teks yang telah kita seleksi, dapat melakukan perkecilan dan pembesaran pada fitur layout, dan kolom pada teks.


























BAB III
PENUTUP


Sejarah web dimulai pada bulan Maret 1989 ketika Tim Berner-Lee yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa atau yang dikenal dengan nama CERN (Consei European pour la Recherce Nuclaire) yang berada di Genewa, Swiss, mengajukan protocol (suatu tatacara untuk berkomunikasi) system distribusi internet yang digunakan untuk berbagi informasi di antara para fisikawan.

Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

Pada bulan Mei tahun 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Kemudian di tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.








DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web






No comments:

Post a Comment